Dua Pemudi di Blora Dirikan Rumah Baca

Ft. Dewi Nur Halimah (kanan) duta baca Blora dan Lucky Rusyita (kiri) patnernya


BLORA (JATENGBLORA.com)- Dua Pemudi di Kabupaten Blora, Jawa Tengah mendirikan sebuah rumah baca yang di beri nama Alky, di Dukuh Patihan RT 03/RW 03, Desa Ketileng, Kecamatan Todanan,

Nama Alky adalah gabungan dari nama mereka berdua, Dewi Nur Halimah (25) dan Lucky Rusyita (24). Ide mendirikan rumah baca tersebut berawal dari pertemuan mereka di Goa Terawang, sebuah tempat wisata alam milik Perhutani KPH Blora, bulan April 2019 lalu

Dewi Nur Halimah adalah seorang duta baca Kabupaten Blora. Ia merasa prihatin melihat rendahnya literasi di Indonesia, khususnya di Blora.

"Saya prihatin melihat data literasi Indonesia dan minat baca masyarakat Indonesia rendah, khususnya di Blora," kata Halimah sapaan akrabnya. (Senin, 27/01/2020)

Menurutnya anak-anak di Blora lebih suka bermain game dibandingkan membaca buku, Hal ini menjadi motivasi bagi Halimah untuk mendirikan rumah baca.

Keinginan untuk memajukan literasi di Blora semakin besar terlebih ketika mengetahui data rendahnya minat baca anak-anak Indonesia.

Pertemuannya dengan Lucky Rusyita di Goa Terawang, menjadi inisiator awal mula terbentuknya rumah baca Alky. Mereka berdua berdiskusi terkait bagaimana meningkatkan literasi khususnya minat baca anak anak di Blora.

"Hal inilah yang menggerakan saya untuk mencari partner yang sevisi untuk memajukan literasi Blora melalui baca tulis," lanjutnya

Dari hasil diskusi mereka berdua menghasilkan kesepakatan membentuk sebuah rumah baca yang diberi nama "Rumah Baca Alky" dan tempatnya dirumahnya Lucky Rusyita 3 April 2019 Lalu.

Awalnya Lucky Rusyita sempat ragu saat menghubungi Dewi Nur Halimah. Ini dikarenakan Halimah adalah seoarang duta baca Kabupaten Blora yang terkenal, takutnya ia di cuekin atau tidak di anggap.

"Ya ,saya sempat ragu waktu itu, namun setelah ketemu dan berbincang, ternyata mbak Halimah orangya ramah, " kata Lucky sambil tersipu.

Ia merasa bersemangat, setelah bertemu Halimah yang berani dan tegas dalam melangkah. Ia juga merasa tidak salah memilih Halimah sebagai ambasador Rumah Baca Alky.

"Saya berani melangkah atas dorongan mbak Halimah untuk mengelola rumah baca ini," jelasnya.

Sebagai foundernya Halimah, menurutnya koneksi dan jaringan orang-orang yang peduli literasi sangat banyak, sehingga prospektif untuk menggaet donatur menyumbangkan buku-buku ke rumah baca.

Dan Halimah sendiri sebagai ambasador,memiliki tugas promoting rumah baca ke masyarakat Blora, influencing anak anak buat tertarik membaca, dan menggaet donatur untuk memajukan rumah baca Alky.

Rumah baca Alky ini, memiliki dua 2 program unggulan yang mampu menarik minat anak-anak sekitar, yakni  Minggu Baca (MingCa) dan Minggu Motivasi (Gumot).

"Gumot dan MingCa ini menarik, karena disertai dengan dongeng anak. Harapanya menjadi Weekend yang produktif dan bernilai edukatif," pungkas Lucky (Nur/red)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Pupuk Langka, Puluhan Pemuda Tani, Gruduk DPRD Blora

  BLORA, 20/10 (jatengtiga.com) - Pupuk langka puluhan pemuda tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Blora, Selasa (20/10) kemarin, g...

Total Pageviews

Categories

Blog Archive

OLAH RAGA

SELANJUTNYA »

Follow by Email