Bupati Blora Curhat ke SKK Migas Jabanusa tentang Kondisi Blora

 



BLORA, JATENGTIGA.com - Berbagai cara dilakukan Bupati Blora Arief Rohman untuk membangun Kabupaten Blora kedepan menjadi lebih baik.

Kali ini Sabtu (10/4) siang, Bupati Blora yang akrab di sapa mas Arief menyampaikan curhatanya kepada seluruh jajaran Satuan Kerja Khusus (SKK) Migas Perwakilan Jawa-Bali-Nusa Tenggara (Jabanusa) di Rumah Dinasnya.

Di depan jajaran SKK Migas yang diantaranya ada Pertamina, Exxon Mobil, dan perusahaan migas lainnya ini, mas Arief curhat tentang kondisi Kabupaten Blora saat ini, mulai dari tingginya kemiskinan, kerusakan infrastruktur jalan, serta pertumbuhan ekonomi yang minus di tengah pandemi.

Bupati ingin mengajak SKK Migas Jabanusa untuk bersama-sama membangun Blora, mengingat banyak kegiatan migas yang dilaksanakan SKK Migas Jabanusa di bumi Samin ini.

“Dengan masalah-masalah itu kita harus optimis, kalau kita bisa lakukan dengan sesarengan. Salah satu elemen yang kami yakin bisa membantu adalah teman-teman yang bergerak di sektor Migas yang ada di Blora ini” ungkapnya.

Ditambahkan Mas Arief, bahwa Blora sebenarnya memiliki segudang potensi khususnya di bidang sumber daya alam pada sisi Migas dan kayu jati, termasuk di sektor pertanian dan peternakan. 

Dengan menggandeng SKK Migas, diharapkan bisa mendukung optimalisasi potensi tersebut, untuk meningkatkan pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

“Kita berusaha ada pendapatan - pendapatan yang memang berpotensi membantu kami menyelesaikan pekerjaan rumah (PR) kami. Kemampuan APBD kami sangat terbatas, termasuk untuk anggaran infrastruktur,” paparnya.

Yang jelas, lanjut mas Arief, Pemkab Blora siap mendukung upaya pengoptimalan potensi-potensi Migas yang ada di Blora yang muaranya untuk kesejahteraan masyarakat.

“Kalau ada kendala atau permasalahan di lapangan kami siap membantu, kami terbuka dari sisi perizinan, koordinasi dengan pihak lainnya, kami siap membantu. Termasuk kami sudah punya Perda RT RW yang mana kawasan di daerah selatan ini, bisa menjadi kawasan industri” tuturnya.

Pada rapat tersebut, Bupati dan SKK Migas berdiskusi terkait potensi-potensi yang ada serta Participating Interest (PI), Dana Bagi Hasil (DBH) migas, Corporate Social Responsibility (CSR) , dan sebagainya, sekaligus upaya untuk peningkatan pendapatan daerah yang nantinya bisa untuk mengatasi persoalan seperti halnya infrastruktur jalan yang rusak.  

Bupati juga berharap, agar BUMD yang ada dapat dibimbing agar bisa berkontribusi terhadap pendapatan daerah secara optimal. 

Dengan mengundang seluruh orang Blora yang sukses di dunia migas untuk ikut diskusi bersama, pihaknya ingin memaksimalkan potensi CSR, dan DBH Migas guna mendukung pembangunan Blora.

Kepala SKK Migas Perwakilan Jabanusa, Nurwahidi mengungkapkan, kunjungan kali ini sekaligus untuk berkomunikasi dan mendengar masukan dari Pemkab Blora.

“Kegiatan kami di Blora ini cukup banyak.  intinya tentu ada beberapa hal yang menjadi pesan Bupati kepada kami. Di daerah Blora jangan sampai ada potensi-potensi yang tidak teroptimalkan,” ucap Nurwahidi

Ditambahkan Nurwahidi, masukan - masukan dari Pemkab Blora akan menjadi pertimbangan dalam menyusun kebijakan dan program, supaya dapat bersinergi dan mendukung program daerah.

“Tadi kita telah dengarkan aspirasi, curhatan, dari Blora, sebenarnya memang kami tunggu-tunggu. Supaya kami dalam melakukan kegiatan aktivitas bahkan kebijakan dari pusat bisa tepat sasaran. Apa yang kami laksanakan itulah bersinergi” kata Nurwahidi.

Kedepan lanjut Nurwahidi, pihajnya akan bangun lagi komunikasi secara bersama - sama, industri hulu Migas dengan Kabupaten Blora. Supaya apa yang menjadi aspirasi dari Kab. Blora bisa segera di wujudkan dengan berbagai cara.

Nurwahidi menegaskan, bahwa pihaknya siap untuk berkolaborasi dengan daerah, khususnya dalam membangun Blora menjadi lebih baik.

Ditambahkan Nurwahidi, pada intinya, bagaimana caranya meningkatkan pendapatan asli daerah. Bisa melalui PI, melalui DBH, bisa melalui pemberdayaan BUMD, pengusaha dan lain sebagainya. 

"Kami siap untuk berkolaborasi dengan daerah. Terkait dengan program CSR juga akan coba kami galakkan dan sinergikan lagi dengan program-program dari daerah” pungkasnya.(Mirzani/red)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Pramuli Kwarcab Blora Salurkan Bansos kepada 5 Warga yang Rumahnya Kebakaran

  Pramuka Peduli (Pramuli) menyalurkan bantuan paket sembako kelada warga Kelurahan Wulung, Kecamatan Randublatung, Blora yang rumahnya keba...

Total Pageviews

Categories

OLAH RAGA

SELANJUTNYA »

Follow by Email