About Me

header ads

Ratusan Siswa SD di Blora, Ikuti Identifikasi Bakat Cabor PABSI dari Kemenpora

 



BLORA, JATENGTIGA.COM- Sebanyak 300 siswa Sekolah Dasar (SD) i Kabupaten Blora, Jawa Tengah mengikuti identifikasi bakat cabang olahraga (Cabor) Persatuan Angkat Besi Indonesia (PABSI) dari Kementrian Olahraga (Kemenpora). 

Dr. Susana Kepala Sub Bidang Pemanduan dan Identifikasi Bakat Kemenpora mengatakan kegiatan ini merupakan program rutin dari Kemenpora tiap tahun dan untuk angkat besi tahun ini dilaksanakan di Kabupaten Blora. 

"Tujuanya untuk mencari bibit bibit atlet yang berpotensial nanti akan kita adakan pembinaan selanjutnya, " kata Susan, Kamis (15/9/2022). 

Acara dilaksanakan selama 4 hari. Dihari pertama memberikan bimbingan teknis (Bimtek) panitia daerah dan kepada instruktur. 

Hari berikutnya penilaian identifikasi bakat kepada siswa siswi SD di Kabupaten Blora, yang ikut dalam ajang identifikasi bakat, dan selanjutnya evaluasi. 

Program ini bukan hanya untuk cabor angkat besi saja, cabor lain juga ada tergantung dari PBnya. 

Dari Kemenpora ada beberapa cabor yang sudah dilaksanakan yakni cabor Atletik, Bulutangkis, angkat besi dan dayung. "Untuk angkat besi kita laksanakan di Blora, " imbuhnya. 

Hadi Wiharja, ketua PB PABSI pusat menambahkan pihaknya memilih Blora lantaran ada dua atlet angkat besi asal Blora yakni Muhammad Yasin dan Siti Nafisatul Hariroh yang sudah go International, menyumbang medali untuk Indonesia dan mengahrumkan Kabupaten Blora. 

"Dengan adanya bantuan dari Kemenpora ini sangat membantu sekali. Sangat diharapkan muncul Nafisatul dan Yasin baru di Blora, " ucapnya. 

Mudah mudahan, lanjutnya, dua tiga tahun kedepan sudah terlihat dengan jelas, apa yang dihasilkan dari identifikasi bakat ini. 

Sementara Muhammad Arif tim evaluasi dari Kemenpora mengungkapkan untuk penilaian atau tesnya sendiri berdasarkan pembinaan anak anak usia dini. 

"Jadi indikator yang kita siapkan adalah item tes yang sesuai dengan karakter usia, tidak spesifik namun menggambarkan bahwa dia punya bakat atau tidak, " jelas Arif. 

Menurutnya di Blora sendiri fasilitasnya sudah memadai, dan antusianya luar biasa. "Mudah mudahan muncul lagi atlet atlet bertalenta dari Blora untuk bisa mewakili Indonesia dan meraih Prestasi, " katanya. 

Sementara Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora Kunto Aji yang membuka acara tersebut sangat mengapresiasi kegiatan dari Kemenpora ini. 

"Yang terpenting disini adalah follow upnya. Nanti kami KONI dan cabor nya untuk menindaklanjuti, " kata Kunto. 

Jadi lanjutnya, ini sudah ada identifikasi bakat ini nanti ketemu berapa terus di bina. 

"Nantinya daerah dan Kemenpora akan bersambung lah. Kami berharap Blora bisa menelorkan atlet berprestasi selanjutnya, " tutupnya. (Her/red)

Posting Komentar

0 Komentar