Blora Terima Bankeu Rp 34 Miliar dari Pemkab Bojonegoro, Untuk Infrastruktur

 


 

BLORA, JATENG TIGA.COM- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur, berikan bantuan keuangan (Bankeu) kepada Pemkab Blora sejumlah Rp 34 Miliar pada Kamis (20/10/2022) kemarin. 

Dana itu akan digunakan untuk membangun sejumlah jalan akses penghubung jembatan Terusan Bojonegoro - Blora (TBB) menuju Bandara Ngloram, Cepu. 

Bupati Blora, H. Arief Rohman, hadir mengikuti penandatanganan kesepakatan bersama tentang kerjasama antar daerah Grebang Ratubangnegoro Kertowilangan (Gresik, Jombang, Blora, Tuban, Rembang, Bojonegoro, Mojokerto, Mojokerto Kota, Ngawi, Lamongan, dan Nganjuk), di Pendopo Malowopati Rumah Dinas Bupati Bojonegoro. 

Atas digulirkannya Bankeu itu, Bupati Blora, mengucapkan terimakasih kepada Bupati Bojonegoro, Dr. Hj. Anna Muawanah dan DPRD setempat.  

"Kerjasama pembangunan daerah dengan Kabupaten perbatasan terus kita bangun. Seperti halnya melalui MoU Grebang Ratubangnegoro Kertowilangan ini, kami juga ingin mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Bojonegoro baik eksekutif maupun legislatif yang telah memberikan Bankeu sejumlah Rp 34 miliar, untuk pembangunan infrastruktur Kabupaten Blora," ucap Bupati Arief.

Dijelaskan Bupati Arief, Bankeu tersebut diberikan melalui Perubahan APBD Bojonegoro 2022. Kini mulai diproses penggunaannya untuk membangun sejumlah jalan akses penghubung jembatan Terusan Bojonegoro - Blora (TBB) menuju Bandara Ngloram.

"Ada empat atau lima ruas jalan yang akan dibangun dengan bankeu Bojonegoro tersebut. Semuanya merupakan akses jalan menuju Bandara dari TBB Ngraho. Sehingga nantinya warga Bojonegoro ketika akan ke Bandara akan lebih nyaman," sambung Bupati.

Menurut Bupati Arief, lahirnya Bankeu ini berawal ketika ia berkonsultasi dengan Menteri Setneg terkait permohonan pembangunan akses menuju Bandara Ngloram dari TBB yang belum sepenuhnya bagus. 

Sedangkan kemampuan anggaran APBD Blora terbatas, sehingga disarankan untuk melaksanakan kerjasama dengan Kabupaten sekitar.

Diketahui, penandatanganan kesepakatan bersama tentang kerjasama antar daerah Grebang Ratubangnegoro Kertowilangan dengan Hari Jadi Bojonegoro ke -345.

Dalam kesempatan itu, Bupati Arief Rohman menyerahkan tumpeng spesial dari Blora untuk Bupati Bojonegoro yang baru saja usai memimpin Upacara Hari Jadi Bojonegoro.

"Selain kerjasama pembangunan infrastruktur, kita juga kedepan ingin mengembangkan kerjasama pembangunan ekonomi, kesehatan dan pendidikan. Apalagi kini wadah kerjasama nya tidak hanya wilayah Ratubangnegoro saja, meluas menjadi Grebang Ratubangnegoro Kertowilangan," tambah Bupati Arief.

Bupati Bojonegoro, Dr. Hj. Anna Muawanah mengucapkan terimakasih kepada Bupati Blora yang telah hadir langsung mengikuti penandatanganan MoU tentang kerjasama Grebang Ratubangnegoro Kertowilangan dan menyerahkan tumpeng Hari Jadi Bojonegoro.

"Matur nuwun Pak Bupati Blora. Ini kita habis upacara malah sarapan tumpengnya Pak Bupati dari Blora. Ke depan kerjasama antar Daerah bisa terus kita kembangkan bersama. Tidak hanya bidang infrastruktur, namun juga bisa perihal penggunaan produksi dalam negeri atau Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Apalagi setiap daerah kini mulai memiliki e katalog tentang produk lokalnya," ungkap Bupati Anna.

Dikatakan Bupati Anna, apa yang dimiliki Bojonegoro belum tentu dimiliki Blora, begitu juga yang dimiliki Blora belum tentu dimiliki Bojonegoro. Belum nanti ada Tuban, Rembang, Ngawi, dan lainnya. Kita harus saling bekerjasama agar TKDN ini bisa kita tingkatkan sesuai arahan Pak Presiden. (Hr/red) 


Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Terbaru

Perhutani Tanam Tebu Perdana di Lahan Seluas 6,4 Hektar

  BLORA, JATENGTIGA.COM - Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Blora, menanam tebu perdana di petak 55 -A Resort Pemangkuan Hutan (RPH...

Total Pageviews

Categories

OLAH RAGA

SELANJUTNYA »