Di Blora,Tukang Gawe Mahar adakan Kopdar se- Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat

Pemahar dari Tegal saat mempraktekan kerajinan saat guiling gunungan

BLORA (JATENGTIGA.com) - Sejumlah tukang gawe mahar (pembuat mahar), se-Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat mengadakan kopi darat (Kopdar) Sabtu (24/01), di aula rumah makan Bamboo Sanjaya Blora.

Kopdar ratusan tukang gawe mahar itu, diadakan untuk berdiskusi (sharing) berbagai ilmu dan model mahar. Salah satunya yang paling baru adalah mahar Embossing (mahar timbul 3 dimensi).

Mahfud Ahla, ketua panitia kopdar dari Blora, Jawa Tengah mengatakan, Kopdar kali ini tidak hanya dihadiri pemahar dari Jawa tengah saja, melainkan pemahar dari Jawa timur dan Jawa barat. Sebanyak 80 pemahar hadir untuk mengikuti sharing ilmu ini.

"Sebenarnya acara Kopdar ini dari Blora, Cepu dan Bojonegoro saja. Tapi ternyata banyak teman-teman dari Jawa barat dan Jawa timur datang, " kata Mahfud.

Selanjutnya, menurut Mahfud, akan hadir pula master mahar dari Tangerang yang akan  berbagi ilmu mahar 4 dimensinya, imbuhnya.

Kopdar para pemahar ini tidak hanya menggelar pertemuan saja, namun dalam kegiatan ini juga digelar praktek membuat mahar kuilin gunungan, karya seniman mahar dari Kota Tegal. Seni mahar ini jenis baru dan dipatok dengan harga Rp 700 ribu.

"Selain silahturohim, ada juga praktek buat seni mahar jenis baru. Namanya kuilin gunungan dengan bahan dasar kawat dan uang mainan," jelasnya.

Ia berharap, mahar kulilin ini bisa menjadi ilmu baru bagi seniman mahar pemula, san yang lainnya.

Sementara itu, Salah satu seniman mahar asal Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur Ustadus Solikin dalam kesempatan ini membagikan ilmu barunya yang diberi nama mahar embossing.

Seni mahar ini baru sekitar 1 tahun ia tekuni. Harga mahar embossing mulai dari Rp 500 ribu sampai Rp 2,5 juta.

"Mahar embossing itu mahar timbul. Ini masih dalam tahap perkenalan, sehingga banyak orang belum tahu. Baru sekitar 1 tahun saya lakukan", jelasnya. (prn)


Share:

1 komentar:

Terbaru

Lima Bulan dalam Pemulihan, CPP Gundih Kembali Beroperasi

  BLORA 30/9 (Jatengtiga.com) - Setelah melalui proses yang panjang, kini  Central Processing Plant (CPP) Gundih yang berada di wilayah des...

Total Pageviews

Categories

Blog Archive

OLAH RAGA

SELANJUTNYA »

Follow by Email