Cegah Dini Kanker Serviks dan Payudara, Warga Ngawen Lakukan Iva Test dan Sadanis

Penandatanganan komitmen bersama mencecgah kanker serviks melalui IVA tes

BLORA. (JATENGTIGA) - Guna mendeteksi dini kanker Serviks dan payudara, pusat kesahatan masyarakat (Puskesmas) Rowobungkul, menggandeng Pemerintah Desa (Pemdes) dan Karangtaruna Desa Karangtengah, Kecamatan Ngawen. ajak warga ikuti Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) test dan pemeriksaan payudara klinis (Sadanis).

Kegiatan itu dilaksanakan di pendopo Kantor Kepala Desa setempat, Rabu (26/02), dilanjutkan dengan komitmen bersama penandatanganan cegah dini.

Kepala Puskesmas Rowobungkul, Catur Hendro Yunianto mengatakan kegiatan ini dalam rangka mendeteksi sejak dini kanker serviks dan kanker payudara.

"Kita lakukan deteksi dini, dengan cara IVA Tes dan Sadanis,“ ujar Catur Hendro Yunianto. Kamis (27/02/2020)

IVA Tes fungsinya untuk mendeteksi sejak dini kanker rahim, apakah seorang perempuan itu ketika di test positif atau tidak.

Sedangkan Sadanis, Jika seorang perempuan di tes dan ternyata ditemukan adanya benjolan, perubahan kulit payudara ataupun keanehan pada puting payudara, maka pasien akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut dengan Ultrasonography (USG) atau mamografi.

Sementara Kades Karangtengah, Didik Haryanto mengapresiasi kegiatan positip ini, ia sangat mendukung agar warganya mengetahui pentingnya deteksi dini penyakit yang membahayakan ini.

"Saya apresiasi kegitan positip ini, saya berharap kepada semua warga agar memperhatikan petunjuk dari petugas, ucap Didik

Usai acara dilakukan penandatangan komitmen bersama menekan angka kesakitan dan penemuan sedini mungkin kanker Serviks melalui IVA Test.

Dalam acara itu, sebanyak 58 perempuan, warga Karangtengah antusias mengikuti tes IVA dan Sadanis yang digelar oleh Puskesmas Rowobungkul.

Hadir dalam acara tersebut Camat Ngawen beserta TP PKKnya, Danramil beserta beberapa Babinsa, Bhabinkamtibmas, Dinas Kesehatan dan Pokja 4 TP PKK Blora, Ketua Kader PPK se-Puskesmas Rowobungkul dan juga Tim Medis yang siap melayani pemeriksaan.  (Pram/red)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Terbaru

FPTI Blora Gelar Muskab ke 4 2020, Memilih Ketua Umum 2020-2024

Penyerahan bendera Cabor FPTI dari ketua Umum lama Nur Fatoni (kanan) kepada Ketua Baru Christian Prasetya (kiri)  BLORA, 11/7 (JATENGT...

Total Pageviews

Categories

Blog Archive

OLAH RAGA

SELANJUTNYA »

Follow by Email