Masker Langka, Inilah Tips Merawat Masker

Saat Kurniawan Yunarto (Blora), menujukkan serta memperagakann cara seserhana merawat masker, dan cuci tanah dengan hand sanitizer spray untuk cegah Covid-19.

BLORA (JATENGTIGA) – Maraknya pemberitaan virus corona di berbagai negara, termasuk kini sudah 19 warga Indonesia terpapar Covid-19, virus yang mengegerkan dunia itu berdampak pada langkanya masker di banyak daerah, termasuk di Blora.

Toko waralaba, apotik dan swalayan di Blora, sebelumnya cukup stock masker, namun sudah tiga pekan berjalan stock kosong (langka). Jika ada barang juga langsung habis diburu warga.

“Saya punya solusi merawat masker, bisa dipakai dengan aman lebih dari dua pekan, jadi tidak habis pakai atau buang,” papar Kurniawan Yunarto, warga Kota Blora, Selasa (10/3/2020).

Dibeber Kurniawan yang juga pedagang perhiasan emas itu, untuk merawat masker sangat sederhana, simpel dan efektif. Saat akan akan dipakai masker cukupdisemprot dengar cairan dalam hand sanitizer (bukan gel).

Cairan yang disemprotakan pada masker itu jenis hand sanitizer berbentuk cair, terkandung dengan base alkohol 80 persen, bukan jenis gel seperti yang beredar di pasaran, sehingga sekaligus bisa untuk cuci tangan.

“Itu tips dari saya, gunakan hand sanitizer untuk perawatan masker dan cuci tangan, karena mampu membunuh Covid-19 atau virus corona,” bebernya.

Ditambahkan Kurniawan Yunarto, hand sanitizer harganya sangat terjangkau, tidak mahal, hanya Rp 17.000 perbotol spray (100 ml), dan bisa direfil Rp. 10.000 (100 ml).

“Ini lebih murah dibanding beli online, karena ongkos kirim (ongkir) online saja sudah sekitar Rp 20.000 loh,” katanya.

Tips sederhana dan murah cegah Covid-19 ini, lanjutnya, sudah diinformasikan melalui surat Kepada Bupati Blora  H. Djoko Nugroho dan Wakil Bupati H. Arief Rohman, agar bisa disosialisasikan kepada warga.

Kurniawan menjelaskan, tips cegah Covid-19 yang disodorkannya itu sebagai bentuk kepeduliannya pada masyarakat, yakni cuci tangan pakai hand sanitizer dan cara mudah perawatan masker agar tidak sekali pakai langsung buang.

Tujuan lainnya, adalah untuk membantu informasi warga agar aman dari Covid-19, karena selain murah, mudah didapat dengan datang ke konter jam Jati Alam, jalan Pemuda 18A, Blora.

Terpisah pejabat pelaksana tugas (Plt) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora, Lilik Hernanto, mengaku belum melihat dan mengecek hand sanitizer untuk cegah virus corona itu.

“Saya belum melihat referensinya, jadi belum bisa menjelaskan terkait hand sanitizer dan tips pencegah virus corona itu,” jelas Lilik Hernanto. (Red)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Lima Bulan dalam Pemulihan, CPP Gundih Kembali Beroperasi

  BLORA 30/9 (Jatengtiga.com) - Setelah melalui proses yang panjang, kini  Central Processing Plant (CPP) Gundih yang berada di wilayah des...

Total Pageviews

Categories

Blog Archive

OLAH RAGA

SELANJUTNYA »

Follow by Email