About Me

header ads

Jalan Penghubung antar Desa di Jiken Putus. Akibatnya Tiga Desa Terisolir

Siswanto, S.Pd. M.H wakil Ketua DPRD Blora (masker kuning) cek lokasi jalan longsor di desa Cabak, usulkan ke Pemkab Blora, agar dilakukan percepatan pembangunan (Selasa, 5/5/2020)

BLORA (JATENGTIGA)-Jalan penghubung antar desa di Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah putus, akibatnya 3 desa terisolir.

Akibat hujan lebat yang terjadi beberapa waktu lalu jalan penghubung antar desa di Kecamatan Jiken putus. Putusnya jalan tersebut membuat tiga desa seperti terisolir, lantaran jalan tersebut merupakan jalan utama menuju pusat kota.

Tiga desa itu yakni desa Nglebur, Bleboh dan desa Janjang ketiganya berada diwilyah Kecamatan Jiken.

"Ini kan merupakan jalan utama, warga kami merasa terisolir, karena ini satu satunya jalan menuju ke kota," ucap Kepala desa Bleboh, (Selasa,5/5/2020)

Menurutnya putusnya jalan ini akibat curah hujan yang tinggi beberapa waktu yang lalu. Karena draenasenya tidak bisa menanpung air hujan, sehingga mengikis jalan tersebut.

Ia berharap kepada Pemerintah segera memperbaiki jalan tersebut, agar perekonomian warga bisa berjalan lancar, apalagi ditambah kondisi saat ini, pandemi virus corona. Paling tidak tepinya di bronjong.

Sementara Siswanto wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora saat cek lokasi jalan, mengatakan, ia akan mengupayakan percepatan dan mengusulkan ke Pemkab Blora untuk segera diatasi.

"Saya mendengar dari beberapa rekan media, kondisi jalan yang putus didaerah Jiken, ternyata parah. Ini akan kita usulkan percepatan pembangunanya," kata politisi partai Golkar ini.

Ia menambahkan, ada empat titik jalan antar desa di Kabupaten Blora yang longsor, Ngawen, Ngliron, Kradenan, dan Jiken, 

Namun di Kecamtan Jiken ini lebih parah karena longsor dan putus. Ia akan segera koordinasi dengan Komisi C, DPUPR, dan BPBD serta Bupati Blora untuk menggunakan dana refokusing lantaran kondisinya darurat.

Wawan (36) sopir truk Elpiji yang setiap dua minggu sekali merasa was -was jika melewati jalan ini, ia khawatir trukya terperosok.

"Ya takut juga mas, apalagi kalau hujan licin. Karena ini jalan satu-satunya ke Bleboh, Janjang, dan Ngebur. Segeralah diperbaiki biar lancar," keluhnya.

Kedatangan Siswanto wakil ketua DPRD Kabupaten Blora dari Fraksi Golkar, kelokasi didampingi oleh Camat Jiken, Catur Pambudi Amperiawan, dan petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora.

Dari data dilapangan kondisi jalan yang berada di wilayah desa Cabak ini, sebagian terputus dengan kedalaman 12 meter dan lebar kurang lebih 40 meter. 

Dan saat ini setelah di urug sementara dengan batu, bisa dilalui kendaran satu jalur saja. Sedangkan lebih dari tujuhribu warga di tiga desa merasa terisolir dengan kondisi seperti ini. (Pur/red)




Posting Komentar

0 Komentar