Dinkes Minta Pasien Yang Mandiri, Harus Disiplin



BLORA (JATENGTIGA)-Sebanyak 16 pasien covid-19 yang dirawat di klinik Bhakti Padma Kabupaten Blora Jawa Tengah, yang dijemput keluarga, Selasa (16/06) kemarin, diminta untuk isolasi mandiri secara ketat dan disiplin.

Hal tersebut disampaikan oleh Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Lilik Hernanto selaku juru bicara (Jubir) gugus tugas penanganan percepatan covid-19 Kabupaten Blora, saat konferensi Pers Rabu (16/06).

"Siapa tahu dengan isolasi mandiri dirumah, dekat dengan orang tua malah sembuh," kata Lilik

Sebelumnya, keluarga pasien Selasa (16/06) kemarin, bersama warga  mendatangi Klinik Bhakti Padma meminta anaknya, untuk isolasi mandiri dirumah saja.

Alasanya, karena ada rasa jenu, bosan, dan tidak sabar, sudah menunggu lama dirawat belum sembuh juga.

"Ya, peristiwa kemarin memang ada pihak keluarga yang ingin anaknya dirawat dirumah, alasanya karena sudah lama dirawat tidak sembuh -sembuh, mereka tidak sabar dan bosan," paparnya

Menurut Lilik, hal itu adalah wajar, pihaknya memaklumi, namun dengan syarat tidak ada paksaan.

Serta, lanjutnya, dengan berbagai konsekwensi yang harus ditanggung oleh pihak keluarga dan desa itu sendiri.

"Konsekwensinya ya, pihak keluarga harus disiplin mengawasi isolasi mandiri itu, serta masyarakat dan kepala desa setempat juga harus ikut mengawasi," jelasnya.

Ia menambahkan pihaknya tidak melepas begitu saja. Dinkes sudah koordinasi dengan Puskesmas di Kecamatan masing -masing, untuk selalu memantau isolasi mandiri yang dilakukan keluarga pasien.

"Intinya mereka harus disiplin, masyarakatpun tidak perlu takut dan mengucilkannya. Asalkan tetap mematuhi protokol kesehatan, tidak akan tertular," imbuh Lilik.

Plt. Kadinkes selaku jubir gugus tugas, juga menyampaikan terimakasih kepada Polres Blora, yang melakukan pengamanan saat kejadian berlangsung, sehingga tidak terjadi hal hal yang tidak di inginkan.

"Kami ucapkan terimakasih kepada Polres Blora dan Instansi lainnya, sehingga kegiatan kemarin berjalan aman dan kondusip" tandas Kepala Dinas Kesehatan.

Sementara Kapolres Blora, AKBP Ferry Irawan,S.I.K melalui Kasubag Humas AKP Soeparlan,SH menyampaikan pihaknya telah memerintahkan Bhabinkamtibmas untuk ikut mengawasi jalannya isolasi mandiri yang dilakukan oleh keluarga pasien.

"Jadi kejadian kemarin itu Polres diminta untuk menjaga jangan sampai terjadi sesuatu, dan kami sudah memerintahkan Bhabinkamtibmas, untuk ikut mengawasi isolasi mandiri, yang diminta keluarga pasien," kata AKP Soeparlan. (Prn/red)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Terbaru

FPTI Blora Gelar Muskab ke 4 2020, Memilih Ketua Umum 2020-2024

Penyerahan bendera Cabor FPTI dari ketua Umum lama Nur Fatoni (kanan) kepada Ketua Baru Christian Prasetya (kiri)  BLORA, 11/7 (JATENGT...

Total Pageviews

Categories

OLAH RAGA

SELANJUTNYA »

Follow by Email