HMPI Perhutani Ajak Anak Usia Dini Gemar Menanam

 


BLORA, 11/12 (JATENGTIGA. com) - Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Perhutani Kesatuan Pembukuan Hutan (KPH) Blora ajak anak anak usia dini TK Tunas Rimba Cabang Blora gemar menanam. 


Admistratur KPH Blora Agus Widodo mengatakan peringatan HMPI ini, selain mengajak anak anak TK juga mengajak Ikatan Istri Karyawan Perhutani (IIKP), Yayasan Taruna Rimba Perhutani (YTRP) karena sekaligus memperingati hari ibu, yang jatuh pada 22 Desember mendatang.


“Hari ini kita menanam bersama untuk memperingati HMPI, agar kita semua selalu mengingat arti pentinganya pohon bagi kehidupan manusia, sebagai penyedia oksigen pencegah bencana alam kekeringan, banjir, longsor, puting beliung. Kita ajak dan ajarkan anak-anak TK supaya mereka mengenal dan mencintai lingkungan sejak usia dini” kata Agus.


Penanaman bersama dilakukan di petak 58 a.2 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Gendongan, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Ngapus   Sabtu, (11 /12/2021).


Agus Widodo, menyampaikan pelaksanaan kegiatan penanaman bersama ini, menjadi salah satu kontribusi Perhutani, selain untuk mengenalkan dan mengajarkan anak anak diusia dini, juga mengajak orang tua agar ikut melestarikan hutan, penghasil oksigen bagi kehidupan manusia dan mencintai lingkungan.


Sementara Ketua YTRP dan IIKP Cabang Blora, Rina Dwi Iryani, mengucapkan terima kasih kepada Adm Perhutani KPH Blora yang telah mengajak pengurus YTRP, IIKP dan anak didiknya, untuk ikut serta melakukan penanaman 1.500 bibit pohon jati dan buah-buahan di areal hutan. 


Acara hari ini disamping untuk memperingati HMPI juga merupakan rangkaian memperingati Hari Ibu, yang akan disemarakkan dengan berbagai lomba pada Sabtu depannya.


“Semoga dapat menjadi bekal serta pengalaman anak-anak didik kami, sebagai generai penerus ke depan lebih giat menanam juga ikut menjaga lingkungannya," kata Roma. 


Rina berpesan agar para orang tua juga selalu mengajarkan arti pentingnya menjaga hutan kepada putra putrinya di rumah.


Sebelum pelaksanaan penanaman dimulai, Kepala Seksi Bidang Pengelolaan Sumberdaya Hutan (PSDH) KPH Blora Suparman, menjelaskan cara menanam pohon jati kepada anak-anak TK yaitu dengan cara plastik di ambil atau disobek.


Kemudian bibit dimasukan ke lubang tanam, di uruk sambil ditekan dan plastiknya ditaruh di atas acir, sehingga untuk mengetahui bahwa plastiknya tidak ikut ditanam. (red) 


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Petugas Gabungan Di Blora Lakukan Ramp Check Bus Jamaah Haji

  BLORA, JATENGTIGA.COM - Petugas gabungan di kabupaten Blora Jawa Tengah yang terdiri dari anggota Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres ...

Total Pageviews

Categories

OLAH RAGA

SELANJUTNYA »