Sidak Pasar Tradisional, Dinkes Blora Temukan Bahan Makanan Mengandung Rodamin B

 



BLORA, JATENGTIGA.COM - Petugas gabungan dari Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM, Dinas Pertanian Ketahanan Pangan, serta Polri, Selasa (12/4/2022) menggelar inspeksi mendadak (Sidak) bahan makanan dan munuman di pasar rakyat Sido Makmur Blora.

Sidak bertujuan agar menjelang hari raya Idul Fitri masyarakat tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat berbahaya, dan pedagang tidak lagi menjual makanan tersebut.

Sidak yang dipimpin langsung Kepala Dunas Kesehatan Blora Edi Widayat itu menemukan tiga jenis bahan makanan yang mengandung Rodamin B atau pewarna yang digunakan untuk tekstil.

"Hasilnya dari 14 sample makanan yang kita periksa, ada tiga makanan yang positip Rodamin B. Yaitu krupuk warna warni, Bleng dan krupuk pentil," ungkap Edi.



Ditambahkan Edi, pihaknya akan melarang para pedagang untuk tidak menjual bahan makanan tersebut. Dan juga akan memberikan pembinaan kepada para pedagang pasar.

"Kami akan memberi penyuluhan kepada para pedagang. Kami akan telusur bahan yang dijual para pedagang itu, dimana produksinya bahan makanan itu. Karena kami prinsipnya ingin melindungi masyarakat atau komsumen yang membeli,"jelas Edi.

Ditambahkan Siti Maffullah Sub Koordiansi Seksi Farmasi makan minum, Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan (Farmalkes dan Perbelkes) Dinkes Blora menyampaikan Ridamin B adalah zat pewarna yang digunakan untuk pewarna tekstil, yang bisa merusak jaringan tubuh meakioun jangka waktunya lama.

"Ini kan pewarna tekstil gih, nantinya bisa merusak jaringan tubuh, jaringan hati, ginjal yang mengakibatkan penyakit," kata Siti.

Untuk sementara pihaknya akan memberikan pembinaan kepada para penjual tersebut, namun kalau masih saja menjual bahan tersebut berkali kali, pihaknya akan mengambil tindakan dengan koordinasi bersama dinas dan instansi terkait.

Sekedar diketahui selama bulan puasa ini petugas gabungan akan terus melakukan sidak ke sejumlah pasar tradisonal dan pasar modern di wilayah Kabupaten Blora. (Her/admin)


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Perhutani Gandeng BMT BUS Lakukan Penjajakan Kerjasama Penanaman Jagung

  BLORA, JATENGTIGA.COM - Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Randublatung gandeng koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah baitu...

Total Pageviews

Categories

OLAH RAGA

SELANJUTNYA »