AKI dan AKB di Blora Tinggi, TP-PKK Gandeng IDI Sosialisasikan Optimalisasi Penurunan Pencegahan AKI dan AKB

 



BLORA, JATENGTIGA. COM - masih tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) dan angka Kematian Bayi (AKB) di Blora, Jawa Tengah, Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kabupaten Blora menggadeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk mensosialisasikan optimalisasi Kader dalam penurunan dan pencegahan AKI dan AKB. 


Acara di gelar di pendopo rumah Dinas Bupati Blora, Kamis (28/7/2022), yang diikuti oleh kader kesehatan, organisasi wanita dan juga organisasi profesi. 


Bupati Blora, H. Arief Rohman mengatakan AKI di Blora ada 23 kasus dan AKB ada 118 kasus. Menurtnya angka ini masih tergolong tinggi dan perlu adanya upaya - upaya guna percepatan penurunan dan pencegahan. 


"Saya harap adanya sosialisasi ini, peserta yang hadir disini, bisa melakukan pencegahan sedini mungkin terjadinya kematian ibu dan anak, " kata Bupati, Kamis (28/7/2022).


Ditambahkan Bupati, kematian ibu dan bayi disebabkan faktor 4 terlalu dan 3 terlanbat. 4 terlalu yakni terlalu muda, terlalu tua, terlalu dekat dan terlalu banyak. 


Sedangkan 3 terlambat yakni terlambag mengambil keputusan, terlambat ke fasilitas kesehatan dan terlambat mendapat penanganan. 


Uapaya yang sudah dilakukan untuk menurunkan kematian ibu dan bayi yaitu, mengaktifkan posyandu, ibu hamil dan balita, kelas ibu hamil dan kelas ibu balita, GISB, pendampingan 1 kader 1 ibu hamil resti dan inovasi inovasi untuk mencegah kematian. 


"Terimakasih kami ucapkan kepada IIDI dan IDI yang ikut peran serta dalam kegiatan PKK pokja IV," imbuh mas Arief sapaan akrabnya. 


Sementara ketua tim TP-PKK Hj. Ainia Salichah menambahkan tingkat kesejahteraan suatu negara ataupun Kabupaten dapat dinilai dari indikator AKI dan AKB. 


Percepatan penurunan AKI dan AKB ini merupakan program Kabupaten prioritas Nasional, maupun program prioritas di Kabupaten Blora dan masuk dalam 12 indikator SPM Nasional serta merupakan indikator utama. 


"Semoga kita dapat sesarengan dalam pencegahan dan penurunan AKI, AKB di Kabupaten Blora, dan menjadikan Blora, semakin sejahtera," tutupnya.(Her/admin)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Terbaru

DPRD BLora Gelar Sidang Paripurna, Penyampaian KUA-PPAS TA 2023 dan R KUA-PPAS Perubahan APBD TA 2022

  Bupati Blora H. Arief Rohman, SIP, MSi Serahkan  KUA-PPAS Kabupaten Blora Tahun Anggaran 2023 dan Rancangan KUA-PPAS Perubahan APBD Kabupa...

Total Pageviews

Categories

OLAH RAGA

SELANJUTNYA »