Kenakan Pakaian Adat Samin, Bupati Blora Ikuti Peringatan Kemerdekaan RI Tingkat Nasional

 


BLORA, JATENGTIGA.COM- Pemerintah Kabupaten Blora mengikuti secara virtual dari Pendopo Kabupaten Blora, rangkaian Upacara dalam rangka Hari Ulang Tahun ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia yang dipusatkan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Kegiatan upacara di Istana Merdeka dipimpin oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, yang nampak mengenakan pakaian adat daerah asal Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara dalam Upacara Detik-Detik Proklamasi. 

Hal yang sama juga dilakukan Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si yang mengenakan pakaian adat sedulur sikep Samin. Pakaian tersebut dikenakan Bupati Arief saat mengikuti jalannya Upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI pada pagi hari, dan dilanjutkan Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih, pada sore harinya.

Bupati yang akrab disapa Mas Arief tersebut dengan bangga mengenakan pakaian adat sedulur sikep, lengkap dengan ikat kepala udeng.

“Usai upacara pengibaran Bendera Merah Putih di Alun-Alun Blora, tadi kita lanjut mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 77 yang dipimpin Presiden Joko Widodo dari Istana Merdeka. Bersama Forkopimda saya mengenakan baju adat sedulur sikep Samin yang serba hitam dengan ikat kepala udeng. Kita ikuti upacara secara virtual dari Pendopo Rumah Dinas,” Ungkap Bupati Arief

Selain itu, turut hadir mendampingi Bupati, Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM, bersama dengan Forkopimda Kabupaten Blora, Sekda Blora, Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD Pemkab Blora, dan seluruh tamu undangan dari berbagai elemen mengikuti rangkaian kegiatan dengan khidmat.

Sekaligus Gelar Upacara Secara Luring

Selain itu, Pemkab Blora juga menyelenggarakan rangkaian kegiatan dalam memperingati HUT ke 77 Kemerdekaan RI secara luring. Sekitar pukul 07.30 pagi, dilangsungkan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih secara luring di Alun-Alun Kabupaten dengan Inspektur Upacara yakni Bupati Blora. 

Tak hanya itu, pada siang harinya juga diselenggarakan Serenade dengan melibatkan para pelajar baik dari jenjang SMP sederajat hingga SMA sederajat. Selain persembahan lagu-lagu hingga puisi, juga ditampilkan pertunjukan Marching Band Gita Waskita dari SMA Tunjungan.

Barulah pada sore harinya, digelar Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Alun-Alun Kabupaten dengan Inspektur Upacara adalah Kapolres Blora AKBP Fahrurozi,SIK,MM,MH (Her/red)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Telah Hilang STNK

   TELAH HILANG STNK : Jenis                         : HONDA TYPE NC12A1CF A/T  Tahun pembuatan  : 2013  Atas Nama                       : S...

Total Pageviews

Categories

OLAH RAGA

SELANJUTNYA »