Bupati Ingin Lulusan SD dan SMP Di Blora Miliki Kemampuan Baca Tulis Al Qur'an

 



BLORA, JATENG TIGA.COM- Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP. M.Si berkeinginan agar nantinya setelah lulus SD maupun SMP, anak didik yang beragama islam di Kabupaten Blora bisa memiliki kemampuan baca tulis Al Quran. 

Untuk mendukung hal tersebut, Bupati Arief melaunching Surat Edaran Bupati No : 421 / 3665 / 2022 tentang pendalaman baca tulis Al Quran bagi peserta didik muslim jenjang SD dan SMP Negeri di Kabupaten Blora. 

Seremoni launching dilakukan Bupati Blora, bersama Kepala Dinas Pendidikan Blora, dan perwakilan dari Kemenag Blora, Sabtu (24/9/2022) di Aula SMP 1 Blora, bersamaan dengan pembukaan lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam & Seni Islam Sekolah Dasar (MAPSI-SD) ke-24 tingkat Kabupaten Blora. 

"Di Blora ini agar anak kita yang beragama islam, untuk anak SD/MI yang sekolah islam saya kira sudah diberikan ini, untuk SD negeri, SMP negeri maupun swasta agar ketika lulus sekolah nanti punya kemampuan baca tulis Al Quran," terang Bupati. 

Ia menegaskan bahwa penting untuk memberikan penguatan baca tulis Al Quran bagi anak didik yang beragama islam sejak dini, khususnya di sekolah dasar. 

"Hal ini bertujuan agar anak-anak kita diberikan bekal tentang Al-Qur'an agar agar ketika lulus sekolah nanti punya kemampuan untuk baca tulis Al-Qur'an.", Ungkap Bupati Blora.

Disampaikannya, pendidikan merupakan hal yang penting bagi anak didik di tingkat SD/SMP. 

"Karena pada umur-umur mereka pembelajaran menjadi pondasi yang kuat bagi pembentukan karakter anak," ungkapnya. 

Pada kesempatan yang sama, Bupati membuka gelaran lomba MAPSI tingkat Kabupaten Blora.

Bupati Blora menyambut baik gelaran lomba MAPSI tingkat kabupaten ini untuk semakin memotivasi anak didik untuk berprestasi.

"Semoga penjaringan tingkat kabupaten ini dapat menumbuhkan motivasi untuk adik adik kita yang lainnya yang nantinya bisa mengharumkan nama sekolah, orang tua, maupun nama daerah. Semoga pelaksanaan MAPSI tahun ini bisa semakin baik dan berjalan dengan lancar.", Jelas Bupati Blora pada saat sambutan. 

Menurutnya, melalui kegiatan lomba MAPSI memiliki tujuan yang sangat baik dengan menjaring bakat dari siswa-siswi SD baik Negeri maupun Swasta yang ada di Kabupaten Blora yang nantinya dapat mewakili di kancah provinsi. 

Sementara itu, Kusni selalu Ketua Panitia menjelaskan bahwa setelah ini, MAPSI tingkat provinsi akan dilaksanakan nanti pada tanggal 4 sampai 6 November di Donohudan.

"Untuk itu kami mohon doa restu Bapak Bupati Blora beserta Bapak Ibu hadirin semua agar diberi kelancaran," harapnya. 

Setidaknya ada 345 peserta lomba MAPSI dari berbagai sekolah dasar di kabupaten Blora yang ikut berpartisipasi dalam lomba ini. 

Ada beberapa cabang yang dilombakan seperti  Lomba Pengetahuan Pendidikan Agama Islam, antara lain: lomba Pengetahuan PAI dan BTQ Pa dan Pi,  lomba praktek sholat dan wudlu, dan lomba Adzan dan Iqomah. 

Kemudian, cabang lomba seni Islami, mencakup: seni kaligrafi, seni khitobah, seni Tilawah, seni Hifdzil Qur'an,  mocopat Islami, seni ketrampilan Komputer, dan seni musik rebana. 

Acara juga turut dihadiri oleh Koordinator Wilayah Bidang Kependidikan Kecamatan Se-Kab Blora, Kepala Sekolah SMP N 1 Blora, Kepala sekolah Dasar Se-Korwil Bidik Kecamatan Blora serta Ketua KKG Kecamatan Se-Kabupaten Blora.(Red)

Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Terbaru

Perhutani Tanam Tebu Perdana di Lahan Seluas 6,4 Hektar

  BLORA, JATENGTIGA.COM - Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Blora, menanam tebu perdana di petak 55 -A Resort Pemangkuan Hutan (RPH...

Total Pageviews

Categories

Blog Archive

OLAH RAGA

SELANJUTNYA »