About Me

header ads

Guru di Blora Harus Memanfaatkan Secara Optimal Dalam Proses Pembelajaran .

 


BLORA, JATENGTIGA.COM– Kepala Pusat Data Teknologi dan Informasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pusdatin) Kemendikbud Ristek, Dr. Muhammad Hasan Chabibie , S.T., M.Si, minta semua satuan pendidikan di Blora untuk memanfaatkan teknologi secara optimal dalam proses pembelajaran.

Saat memberikan arahan di acara Sosialisasi Implementasi Digitalisasi Kurikulum Merdeka untuk Tingkat TK/PAUD, SD, dan SMP, di Aula Dinas Pendidikan Blora, Kamis (22/9/2022), Dr. Muhammad menegaskan, melihat perkembangan teknologi yang semakin pesat, para peserta didik harus siap untuk berkompetisi dengan zamannya.

“Untuk itu, kalau pengen peserta didik kita siap berkompetisi dengan zamannya, kasih dia sentuhan teknologi yang optimal. Kemendikbud hadir dengan memberikan layanan ekosistem digital,” tandas Muhammad.

Dengan adanya layanan ekosistem digital dari Kemendikbud, Ia meminta agar dapat dimanfaatkan dengan baik. Termasuk pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran.

“Kami berharap semua satuan dinas pendidikan tolong manfaatkan semua ini dengan sebaik baiknya. Tolong semua perangkat teknologi dimaksimalkan dengan baik. Ada merdeka belajar ada Siplah, ada belajar.id dan lainnya. Saya berani pastikan skalanya internasional kualitas aplikasinya,” papar Kepala Pusdatin. 

Ditegaskan kembali, saat ini teknologi sangatlah penting, karena menjadi trigger social change, termasuk untuk dunia pendidikan yang ada di Blora.

Di acara sosialisasi yang dihadiri oleh Bupati Blora, H.Arief Rohman, S.IP, M.Si dan diikuti 110 orang dari semua satuan pendidikan di Blora, lebih lanjut Dr. Muhammad menegaskan, Kemendikbud Ristek berharap dengan penerapan kurikulum Merdeka di sekolah-sekolah dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia.

Sekaligus memberikan ruang dan kesempatan kepada para pengajar untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan pendidikan. “Diharapkan dengan kurikulum Merdeka, para pengajar bisa lebih kreatif dalam mengolah proses belajar mengajar di satuan pendidikannya masing-masing,” terang Kepala Pusdatin. 

Menurutnya, saat ini banyak sekolah yang sudah berhasil menghadirkan pendidikan yang berkualitas, dimana salah satu kunci keberhasilannya adalah kreativitas.

Dikatakan, melalui gagasan Merdeka Belajar ini bisa menjadi trigger/pemicu untuk kemajuan dalam dunia pendidikan di Indonesia, khususnya Kabupaten Blora. Dimana masing-masing satuan pendidikan diberikan kesempatan lebih untuk mengelola proses belajar mengajar.

“Untuk bisa memberikan trigger, Mas Menteri menyampaikan, gagasan Merdeka Belajar, ini memberikan otonomi terhadap skenario belajar mengajar yang ada di sekolah, lebih dari 140 ribu sekolah, secara organik mengikuti kurikulum Merdeka ini,” Jelasnya. 

Kepada Bupati Blora dan Kepala Dinas Pendidikan untuk terus memberikan support dan mengawal agar program-program dari Kemendikbud Ristek dapat berjalan dengan optimal di Blora.

Sementara itu, Bupati Blora H.Arief Rohman, S.IP, M.Si menandaskan, Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Pendidikan akan siap mendukung apa yang menjadi program pemerintah dalam hal ini Kemendikbud Ristek.

“Kami dari Pemerintah Kabupaten Blora juga mendukung apa yang sudah diprogramkan dari Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kemendikbud Ristek,” ungkapnya. 

Bupati Arief mengapresiasi kehadiran Kepala Pusdatin Kemendikbud Ristek dan Tim untuk memberikan arahan untuk meningkatkan tata kelola Pendidikan dan peningkatan kualitas Pendidikan di Kabupaten Blora. 

“Diharapkan ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, kurikulum yang disusun ini tentu telah disesuaikan dengan kebutuhan terkini,” kata Bupati. 

Bahkan, demikian Bupati Arief, pihaknya juga mendorong agar dilakukan pelatihan bagi para petugas, guru, operator khususnya terkait sosialisasi dan pelatihan terkait update Dapodik, aplikasi Merdeka Belajar dan lainnya. (Red)

Posting Komentar

0 Komentar