About Me

header ads

Ketua Form KKS : 2023 Blora Siap Mendaftarkan Diri Kategori Penghargaan KKS

 



BLORA, JATENGTIGA.COM- Kabupaten Kota Sehat (KKS) merupakan program dari Pemerintah Pusat melalui Kementrian Kesehatan (Kemenkes) sejak 2006.

Dari 35 Kabupaten / Kota di Jawa Tengah baru 9 Kabupaten yang sudah masuk kategori dan mendapat penghargaan. 

Kabupaten Blora sendiri belum pernah  sekalipun mendaftarkan diri. Ketua form  Kabupaten / Kota Blora, Jawa Tengah Ainia Salichah, usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) tingkat Provinsi Jawa Tengah Senin (12/9/2022) kemarin, mendengarkan paparan kali ke dua tentang upaya mewujudkan KKS, semakin yakin 2023 nanti, Kabupaten Blora siap untuk diverifikasi oleh tim Provinsi dan Pusat. 

Dengan mengisi form pada tahap administrasi, kelengkapan dokumen, berikutnya berharap bisa lolos, sehingga diverifikasi di tahun 2023

"Saat ini upaya dokumentasi kita benahi sebagai prasyarat untuk dimungkinkannya verifikasi tersebut, "Kata Bunda Ain sapaan akrabnya, Selasa (13/9/2022). 

Akan tetapi, lanjutnya, yang terpenting bagi tim forum KKS Blora, menjadikan proses menuju dokumentasi yang riil, yang pantas diajukan untuk dinilai. 

"Pantas dalam arti memenuhi indikator tatanan KKS sesuai upaya kongkrit," imbuhnya. 

Pada dasarnya semua indikator sudah dilakukan di semua organisasi perangkat daerah (OPD), dengan tupoksi masing - masing. 

"Bahkan di satuan PKK sampai dengan tingkat dasawisma sekalipun, hanya saja selama ini belum menghimpunkan diri dalam standar KKS," jelasnya. 

Menurutnya di PKK sendiri punya10 program pokok PKK, yang ke 10 program tersebut merupakan bagian dari 9 tatanan KKS secara keseluruhan. 

"Oleh karena itu tim Pembina tim forum juga tim teknis KKS 2022, bersemangat mendaftarkan diri dan berupaya membenahi dan menata  di masing - masing tupoksi, untuk memenuhi dokumen pada form, tahapan, dan berikutnya berharap masuk diverifikasi, serta lolos dengan penilaian terbaik," tuturnya. 

Ditambahkan Bunda Ain, KKS bukan lomba, tetapi lebih kepada memberikan parameter terkait kondisi derajat kesehatan pendidikan dan kesejahteraan masyarakatnya. 

"Penghargaan adalah bonusnya. Mohon doa restu dan dukungannya. Monggo sesarengan mbangun Blora, kemajuan Blora adalah tanggungjawab bersama," tutupnya. (Her/red)

Posting Komentar

0 Komentar