Ziarah Makam Bupati Blora di Semarang dan Temanggung Khidmat Dilaksanakan




BLORA, JATENGTIGA.COM - Ziarah di tiga makam almarhum Bupati Blora di Semarang dan Temanggung telah dilaksanakan dengan khidmat oleh perwakilan rombongan Pemkab Blora, Selasa (29/11/2022).

Kegiatan itu menjadi agenda rutin menjelang peringatan Hariari Jadi Kabupaten Blora 11 Desember.

Untuk ziarah dan tabur bunga makam Bupati Blora di luar kabupaten kali ini dilaksanakan pada akhir bulan November 2022 secara maraton, yaitu Selasa (29/11/2022) dan Rabu (30/11/2022).

Acara dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Blora Hariyanto, S.IP., M.Si selaku Koordinator Seksi Ziarah dan Kegiatan Keagaman didampingi Kepala Bagian Kesejateraan Rakyat (Kabag Kesra) Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Blora, Mohammad Toha Mustofa, S.Si., M.Kes selaku Ketua Seksi acara.

'Alhamdulillah, kita bisa kembali ziarah dan tabur bunga ke makam Bupati Blora terdahulu di luar kabupaten Blora. Kegiatan ini juga bertujuan menjalin silaturahmi antara Pemkab Blora dan keluarga Bupati Blora terdahulu," kata Hariyanto.

Hari pertama, Selasa (29/11/2022) dilaksanakan di tiga makam almarhum Bupati Blora. Yaitu, di makam almarhum Bupati Blora Soekardi Hardjoprawiro, MBA, yang menjabat bupati 1989-1999. Makamnya di TPU Salaman Moyo Kec. Semarang Barat.

Kedatangan rombongan disambut dengan baik oleh Kombes Polisi Purnawirawan Hj. Tien Supartini istri almarhum Bupati Blora Soekardi Hardjoprawiro dan keluarga. Dirinya mengatakan rasa syukur dan haru atas perhatian dari Pemkab Blora.

"Alhamdulillah, saya sangat bersyukur, semoga Blora ke depan semakin maju. Pemimpin dan rakyatnya diberikan kesehatan dan keberkahan. Maju terus, jangan kalah dengan yang lain," ucap Tien Supartini.

Setelah silaturahmi beberapa saat, Rombongan dari Blora bersama Hj. Tien Supartini dan keluarga, kemudian melanjutkan ziarah dan tabur bunga di makam almarhum Bupati Soekardi di TPU Salaman Moyo Kec. Semarang Barat.

Selanjutnya, ziarah ke makam Soekarno Sastro Dimejo yang menjabat Bupati Blora tahun 1960-1966 di TPU Jangkang Kelurahan Jomblang Kec Candisari, Semarang.

Kedatangan rombongan dari Blora diterima putri dan keluarga Soekirno Sastro Dimejo di gapura masuk TPU setempat.

"Mohon maaf Kakak-kakak kami tidak bisa ikut menyambut, kami sangat bersyukur, Pemkab Blora masih menjalin silaturahmi dengan baik, melakukan ziarah ke makam alm Bapak kami, semoga kita semua selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT, " ungkap Lis, perwakilan keluarga dari alam Soekirno.

Dalam kesempatan itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Blora Hariyanto, S.IP., M.Si selaku Koordinator Seksi Ziarah dan Kegiatan Keagaman menyerahksn buku bacaan Tahlil dan Yasin serta oleh-oleh khas Blora.

"Kami juga mohon, supaya Bapak Bupati dan Ibu Wakil Bupati Blora serta kita semua selalu diberikan kesehatan dan keberkahan.Jadi kedatangan kami ingin melakukan ziarah dan mempererat hubungan silaturahim," ujarnya.

Selain itu, dalam menjalankan tugas diberi hidayah Allah SWT. Dan kabupaten Blora selalu kondusif.

"Sesarengan Bangun Blora Berkelanjutan, agar kedepan lebih maju dan sejahtera," ungkapnya.

Sementara itu Tim Tahlil dari Kemenag Blora dengan khusyuk dan kidmat berdoa di pusara makam, dengan memohon mudah-mudahan almarhum Bupati Blora diberi ampunan dan ditempatkan di surganya Allah SWT, sedangkan warga dan keluarga yang ditinggalkan diberi kesehatan, sakinah mawadah warahmah.

Dari Semarang, kemudian dilanjutkan ziarah dan tabur bunga menuju kabupaten Temanggung. Yakni ke makam almarhum Bupati H. Soemarno Tjokro Saputro, SH yang menjabat Bupati Blora tahun 1979-1989.

Kedatangan rombongan dari Blora memang sudah ditunggu pihak keluarga dan putra almarhum Bupati Blora Soemarno.

Rombongan dari Blora dan keluarga almarhum Bupati Soemarno akhirnya melakukan ziarah doa dan tabur bunga di makam keluarga Wolodono Temanggung. Doa dipimpin oleh Kepala Kemenag Blora.

"Kami mewakili keluarga, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Blora. Semoga warga Blora semuanya selalu sehat dan tetap ber-Mustika. Selamat Hari Jadi ke-273 Kabupaten Blora, semangat Sesarengan Mbangun Blora," kata Kurnia Setyawati didampingi Sony adiknya, putra dan putri almarhum H. Soemarno Tjokro Saputro.

Kurnia Setyawati, yang akrab disapa Mbak Nia, sempat terharu dan menitikkan air mata. Ia mengenang saat mengesankan, ketika menikmati kuliner satai ayam khas Blora dan nasi pecel.

"Jaman dulu di Koplakan ada lontong tahu, ada warungnya Yu Tun," ucapnya.

Setelah singgah sejenak dan berpamitan, rombongan ziarah dari Blora meluncur ke Yogyakarta untuk bermalam, menunggu datangnya pagi di hari Kamis (30/11/2022) guna melanjutkan ziarah tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara Yogyakarta.

Yaitu makam almarhum Bupati Soepadhi Joedodarmo yang menjabat Bupati Blora tahun 1973-1979.

Berikutnya menuju ke TMP Kusuma Bhakti Kecamatan Jebres, Kota Surakarta untuk melaksanakan kegiatan yang sama di makam almarhum bupati Srinardi, yang menjabat Bupati Blora tahun 1966-1973.

Ziarah dan tabur bunga diikuti, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kab. Blora, Asisten Administrasi Umum Setda Kab. Blora, Kabag Kesra Setda Kab. Blora, semua Subkor dan staf pada bagian Kesra Setda Kab. Blora, serta Tim Tahlil dari Kemenag Blora. (Red)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.