About Me

header ads

Hadiri Musrenbang, Ketua DPRD Blora Sampaikan Hasil Stuba

 

HM Dasum saat mengahdiri pameran UMKM di acar Musrenbang di PEM Akamigas (dok)


BLORA, jatengtiga.com - Ketua DPRD Blora HM. Dasum, SE., MMA hadiri Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2025 di Graha Oktana Politeknik Energi dan Mineral Akamigas (PEM Akamigas) Cepu, Kamis (28/3).

HM. Dasum, SE., MMA mengatakan pelaksanaan Musrenbang mempunyai peran dan titik strategi dalam penyampaian dokumen hasil penelaahan pokok-pokok pikiran DPRD yang merupakan daftar permasalahan berupa saran dan pendapat yang didasarkan pada hasil isu strategis dan isu dinamis yang berkembang di masyarakat saat ini.

“Hasil pelaksanaan reses DPRD, hasil aspirasi masyarakat berdasarkan audiensi, hasil aspirasi berdasarkan keakuratan komponen masyarakat, hasil studi banding dari DPRD Kabupaten Blora, masukan kelompok pakar, tenaga ahli dan lainnya. Serta telah disinkronisasi dengan prioritas pembangunan,” ungkap Ketua DPRD Blora, HM Dasum, Kamis 28 Maret 2024


Dalam pelaksanaan Musrenbang tersebut Bupati Blora H Arief Rohman, memaparkan dua rencana pembangunan. Yaitu, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045.

Bupati Blora Arief Rohman mengatakan, pada musrenbang kali ini masih didominasi pembangunan sektor infrastruktur dan pertanian.

Oleh karena itu, RKPD Blora membahas terkait arah kebijakan pemerintah setempat dan memaparkan capaian kerja OPD selama dua tahun ke belakang.

''Tema pembangunan 2025 yaitu, Penguatan ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat Didukung Pelayanan Publik yang Berkualitas,” ujarnya.

Kepala Bappeda Blora menyampaikan terima kasih kepada perguruan tinggi yang telah mendampingi, di antaranya Plt. Rektor UNS Dr. Chatarina Muliana, SH, SE, MH, kemudian Rektor Unnes Prof Dr S Martono, M.Si. dan Wakil Rektor Prof.Dr.Ngabiyanto M.Si. Termasuk dengan PEM Akamigas, yang telah memfasilitasi tempat.

“Ini adalah wujud sesarengan Perguruan Tinggi untuk sesarengan mbangun Blora,” ucapnya.

Dikatakannya, dari Dekranasda Blora pada acara tersebut siap memamerkan hasil UMKM. “Nanti nyuwun tulung dilarisi, tadi Bapak Bupati dan Ibu sudah memberi contoh dilarisi, teman-teman Bappeda nanti juga minta bantuannya,” kata Mahbub.

Dikatakannya, tema dari Musrenbang Kabupaten Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2025 Penguatan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat didukung Pelayanan Publik yang Berkualitas, telah diinput di https://sipd-ri.kemendagri .go.id

“Segala masukan, saran baik yang berupa hibah maupun bantuan sosial maupun bantuan untuk organisasi sudah diinput di sipd-ri.kemendagri.go.id, sesuai dengan komitmen kami dengan KPK satu minggu sebelum musrenbang aplikasi ditutup, sudah tidak ada masukan lagi bantuan berupa hibah, dan lain sebagainya,” tandasnya.

Musrenbang menghadirkan 154 undangan, di antaranya dari Bappeda Provinbsi Jawa Tengah, Kemendagri, Setda Blora, Organisasi Wanita atau Organisasi Masyarakat, Tokoh Agama, LSM , Wartawan juga Perguruan Tinggi serta kabupaten tetangga Blora.

Mahbub menjelaskan, sesuai dengan amanat Menteri Dalam Negeri, hasil musrenbang itu untuk menyempurnakan rancangan akhir RPJPD dan RKPD 2025.

Dalam Musrenbang itu Bupati Blora H. Arief Rohman S.IP., M.Si mengatakan masa jabatan kepemimpinannya yang seharusnya lima tahun hanya berlangsung tiga tahun, sehingga Bupati yang akrab disapa Gus Arief itu minta maaf jika dalam pelayanan masih banyak kekurangan.

“Ada beberapa pembangunan infrastruktur yang belum tuntas, kedepannya akan terus dilanjutkan,” ucapnya.

Namun demikian, kata Bupati, sudah mengawali pembangunan infrastruktur dengan segala prioritas selama tiga tahun, yang seharusnya bisa dituntaskan hingga lima tahun. (Pur/red)

Posting Komentar

0 Komentar