Komisi C DPRD Blora, Dukung Desa Wisata Blora

 


BLORA, 7/1 (JatengTiga.com) - Desa Nglobo, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah dikukuhkan menjadi sebuah desa wisata di Blora.

Ini ditandai dengan diserahkankanya Surat Keputusan (SK) dari Perintah Kabupaten Blora, melalui Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Blora.

Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Blora, Warsit, sangat mendukung sekali dengan dikukuhkanya desa Nglobo sebagai desa wisata. 

"Saya sangat mendukung sekali. Karena apa, kita sebagai manusia itu kan butuh rilek, butuh santai. Kalau kita bekerja terus sebagai manusia itu kan jenuh, butuh refresing. Makanya perlu kita gali potensi yang ada di Blora. Kalau kita pingin refresing yang dekat dan murah, kita tidak perlu jauh jauh, tinggal kita datangi wisata yang ada di daerah kita, di Blora," kata Warsit.

Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Dinporabudpar Blora Dra. Isti Nuratri, M.Si mengatakan desa Nglobo memang layak dijadikan contoh desa lain menjadi desa wisata.

"Kemarin desa Nglobo minta dilegalkan menjadi desa wisata. Kita sedang berupaya semaksimal mungkin sudah memberikan pengarahan, pembinaan supaya desa Nglobo ini, menjadi tauladan desa desa disekitarnya. Bisa memberi dorongan psikologis menjadi lebih maju," ungkap Isti, Jumat (7/1/2022).

Usai menerima SK resmi sebagai desa Wisata Pudik Harto selaku kepala desa Nglobo akan segera koordinasi dengan tokoh masyarakat untuk membuat perencanaan mengembangkan desa wisata yang sudah ada, menjadi lebih menarik.

"Kita akan mulai menata kembali wisata yang sudah ada agar lebih menarik lagi. Mungkin dengan bantuan dari pemerintah baik insfrastruktur maupun yang lainya, nantinya bisa bermanfaat dan harapan kami desa Nglobo bener bener menjadi desa wisata andalan di Blora," jelas Pudik.

Dukungan dari Pemerintah Kecamatan yakni Camat Jiken Mulyowati, juga sangat bagus. Karena menuju desa wisata ini,  sesuai dengan harapan Pemerintah Pusat, maupun daerah.

"Sesuai harapan dari Pemerintah pusat dari pak Jokowi, pak Gubernur dan dari pak Bupati sendiri, kita menuju desa wisata, menuju desa mandiri. Mungkin dengan di syahkanya desa Nglobo menjadi desa wisata kita akan mengembangkan destinasi wisata yang ada di desa Nglobo, karena desa Nglobo ini lain daripada desa lain di Kabupaten Blora. Harapannya tidak hanya menjadi wisata di Kabupaten namun menjadi wisata di luar daerah," tutup Mulyowati

Sekedar diketahui Desa Nglobo ini memiliki potensi wisata yang menarik dan unik. Hutanya yang masih alami, wisata edukasi sumur angguk pengolahan atau ekplorasi minyak mentah yang menjadi texasnya Indonesia, wisata air hangat Plumpung, wisata taman sor pring dan pengolahan sampah serta limbah kayu jati yang dibuat sovenir menarik dan banyak lagi potensi alam yang bisa diangkat menjadi desa wisata.(Pur)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Bupati Terima Penghargaan Mentri PAN-RB Atas Pelayanan Publik Prima "A" DPMPTSP

  BLORA, JATENGTIGA. COM Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., pada hari Rabu (18/5/2022) menerima Piagam Penghargaan dari Menteri P...

Total Pageviews

Categories

OLAH RAGA

SELANJUTNYA »