Hadiri Pembukaan Jambore Nasional Komunitas PAKSI di Semarang, Wabup Blora Dukung Pemberantasan Korupsi



SEMARANG, JATENGTIGA.COM – Di sela-sela menghadiri pembukaan Jambore Nasional Komunitas Penyuluh Anti Korupsi Seluruh Indonesia (PAKSI)-  Ahli Pembangunan Integritas yang digelar di Plasa Kandri, Waduk Jatibarang, Semarang, Jumat (20/5/2022), Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM nyatakan Pemkab Blora Blora siap terus mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi. 

Wakil Bupati Etyk, panggilan akrab Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, menyatakan, Blora menyambut baik adanya kegiatan jambore tersebut. Berkaitan dengan  pesan yang disampaikan KPK dan Gubernur saat pembukaan jambore, Wabup mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Blora akan terus mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi.

"Hari ini saya bersama dengan Inspektorat, menghadiri pembukaan kegiatan jambore nasional penyuluh anti korupsi seluruh Indonesia yang digelar di Semarang. Pada intinya kita siap dan akan terus mendukung apa yang menjadi pesan dan arahan dari KPK, Pak Gubernur, terkait upaya pencegahan maupun pemberantasan korupsi," ungkapnya. 

Diketahui,  kegiatan yang dibuka langsung oleh Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardiana, dan dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Walikota Semarang,  Hendrar Prihadi itu,  diselenggarakan selama tiga hari mulai 20  - 23 Mei 2022. 

Berbagai kegiatannya, Sarasehan Cegah Korupsi, PAKSI Goes to School SMP dan PAKSI Goes to School SMA, Gaung Pelajar tentang Integritas dan pendidikan anti korupsi, pertunjukan, dan sarasehan SPAK.  

Dalam sambutanya, Wawan Wardiana, menjelaskan beberapa peran yang dilakukan KPK. Salah satunya, membuat strategi pemberantasan korupsi dengan menggunakan konsep trisula. 

Dimana yang pertama adalah dengan pendidikan untuk menanamkan nilai-nilai anti korupsi, integritas, dan pemahaman terkait korupsi dan dampaknya. "Pendidikan anti korupsi ini harus diberikan dari PAUD hingga sebelum maut, karena tidak ada yang menjamin orang tidak korupsi," ungkapnya

Lanjutnya, kedua lewat pencegahan yakni dengan melakukan perbaikan sistem dan yang ketiga adalah dengan penindakan. 

Lanjutnya, tiga strategi itu bisa efektif kalau peran  serta masyarakat juga ikut serta. Ia juga berharap kegiatan jambore tersebut berjalan lancar dan tujuannya dapat tercapai.

"Harapan kami adalah dengan kegiatan jambore ini, dapat digunakan sebagai ajang silaturahmi dari teman-teman seluruh Indonesia yang berkumpul disini ajang sharing pengalaman apa yang sudah dilakukan ataupun apa yang akan dilakukan kedepan dengan teman-teman sesama penyuluh," ungkapnya

"Sehingga nanti kedepan bisa lebih berkolaborasi antara satu penyuluh dengan penyuluh lainnya dalam melaksanakan penyuluhan anti korupsi dan KPK juga akan terus mengadvokasi" lanjutnya

Memberi Contoh

Sementara itu, Gubernur Ganjar menggarisbawahi beberapa poin penting terkait gerakan anti korupsi diantaranya dengan keseriusan menangani hingga memberikan contoh. 

"Keseriusan kita menangani, membangun sistem regulasi, dan contoh, kalau tidak ada contoh nggak akan terjadi," ucapnya. Termasuk bahwa gerakan anti korupsi tidak hanya dari bottom-up saja tapi juga harus dimulai dari atas. 

Gubernur juga berharap agar adanya momen jambore ini dimanfaatkan dengan baik. "Semoga jambore ini memberikan manfaat dan bapak ibu akan menjadi penyebar kebaikan untuk menjaga integritas," pungkasnya

Terpisah, Pembina Kompak Jawa Tengah, Kunto Nugroho memaparkan,  pelaksanaan Jambore selain untuk pembelajaran juga untuk kolaborasi antar komunitas hingga forum penyuluh anti korupsi maupun ahli pembangunan integritas se Indonesia.

Selain itu, lanjutnya, juga meningkatkan dukungan dan aksi kolaborasi pembangunan integritas dan pencegahan korupsi kepada pemangku kebijakan stakeholder di daerah. (hER/RED)

Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Terbaru

Perhutani Tanam Tebu Perdana di Lahan Seluas 6,4 Hektar

  BLORA, JATENGTIGA.COM - Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Blora, menanam tebu perdana di petak 55 -A Resort Pemangkuan Hutan (RPH...

Total Pageviews

Categories

OLAH RAGA

SELANJUTNYA »