Marjati, Kartini Asal Blora ini, Dapat Penghargaan Tingkat Nasional sebagai Perempuan Inspiratif

 



MAGELANG, 21/4 (JATENGTIGA.COM) - Tak menyangka Marjati, perempuan asal Kecamatan Japah,.Kabupaten Blora, Jawa Tengah ini, mendapat Penghargaan Tingkat Nasional dari Iriana Joko Widodo tepat di hari lahirnya Raden Ajeng (RA) Kartini 21 April 2022.

Penghargaan itu diberikan kepada dirinya sebagai perempuan yang berjasa dan berprestasi di berbagai bidang. Mulai dari pendidikan, kesehatan, sosial budaya, lingkungan hidup, hingga pertanian.

Ia menerima penghargaan itu, di Pendopo Kabupaten Magelang, Jawa Tengah saat peringatan Hari Kartini tingkat Jawa Tengah, oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabowo dan Istrinya Siti Atiqoh. 

"Terimakasih atas penghargaan yang diberikan kepada saya, karena saya sebelumnya tidak mengharapkan apa-apa, saya berjuang dengan ikhlas mengabdi dengan masyarakat dengan ikhlas tidak memikirkan imbalan," terang Marjati. 

Marjati adalah sosok perempuan yang selama ini aktif menjadi kader untuk berbagai kegiatan. Termasuk, aktif mendukung kegiatan-kegiatan sosial yang ada di lingkungannya. 

"Saya menjadi kader posyandu semenjak tahun 1986 sampai sekarang, saya juga menggeluti bidang kesenian, karawitan maupun seni yang lain, dan kegiatan ibu-ibu di lingkungan saya,'' imbuhnya. 

"Saya memberikan motivasi, sosialisasi dan langsung saya praktekan sekaligus. Contohnya masalah limbah di lingkungan, yang bisa dimanfaatkan sebagai dan hasilnya dikaryakan serta bisa juga untuk pupuk. Saya menjadi kader di bidang apapun," paparnya. 

Iapun berpesan agar para kader khususnya perempuan, untuk tetap semangat memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat dan lingkungannya.

"Bagi ibu-ibu, para kader yang ada di desa-desa, jangan bosan bosannya untuk memberikan bimbingan kepada warga dan lingkungannya, tapi jangan mengharapkan apa-apa dulu, kita harus secara ikhlas memberikan apa yang kita miliki, dan apa yang akan kita sumbangkan," pesannya 

Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM bersama dengan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora Hj. Ainia Salichah juga menghadiri acara tersebut. 

Acara Peringatan Hari Kartini itu, dilakukan secara terpusat dan dipimpin oleh Hj Iriana Joko Widodo dari Istana Negara. 

Sedangkan di Pendopo Kabupaten Magelang, dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, SH, M.IP, dan Siti Atikoh Ganjar Pranowo, serta diikuti kepala daerah Kabupaten/kota se- Jawa Tengah.

Hj Iriana Joko Widodo juga menyerahkan piagam penghargaan, kepada perempuan yang berjasa dan berprestasi di berbagai bidang, mulai dari pendidikan, kesehatan, sosial budaya, lingkungan hidup, hingga pertanian.

Penyerahan dilakukan secara simbolis kepada 10 perwakilan di Istana Negara, dan lainnya diserahkan oleh kepala daerah di masing-masing provinsi.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Indonesia Maju, kepada 514 perempuan yang ada di seluruh Indonesia.

Iriana Joko Widodo mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan tersebut.

"Saya mengucapkan selamat kepada penerima penghargaan di seluruh Indonesia total 514," ucapnya

Ditambahkan Iriana, diberikannya penghargaan tersebut sekaligus menunjukkan bahwa perempuan bisa berjasa.

"Hari ini menjadi bukti bahwa perempuan bisa juga berjasa dan berprestasi, serta bisa berkontribusi bagi masyarakat sekitarnya," tuturnya. 

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora, Hj. Ainia Salichah, mengucapkan selamat dan apresiasi kepada Marjati.

Ia berharap agar diberikannya penghargaan ini, mampu menjadi inspirasi dan motivasi perempuan-perempuan di Kab. Blora untuk lebih maju.

"Alhamdulillah hari ini memperingati Hari Kartini kita menghadiri perayaan tingkat provinsi di Kabupaten Magelang, dan kita mengantarkan perempuan 'Kartini' asal Kabupaten Blora sebagai pejuang pemberdayaan perempuan ini, yang diwakili Ibu Marjati," paparnya

"Selamat untuk ibu Marjati yang sebagai perempuan inspirator dari Kabupaten Blora, semoga panjenengan bisa menginspirasi perempuan lain. Dan semoga perempuan di Blora semakin hari semakin maju sejahtera dan berdaya," imbuhnya

Hj Ainia menjelaskan, bahwa Marjati ini dikenal sebagai sosok yang aktif memberdayakan perempuan-perempuan di lingkungannya.

"Beliau ini sudah puluhan tahun memberdayakan perempuan-perempuan di lingkungan sekitarnya. Baik itu dari kepedulian lingkungan, menggiatkan bank sampah, hingga melestarikan seni budaya, karawitan, dan wayang. Beliau juga memberdayakan perempuan di batik, dan juga sebagainkader PKK dan Posyandu di desanya dan kecamatan,"Ungkap Ketua TP PKK Blora. 

Apresiasi juga disampaikan oleh Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati. Pihaknya juga merasa bangga dengan Marjati yang telah turut serta berkontribusi untuk Kabupaten Blora.

"Saya Wakil Bupati Blora mengucapkan selamat kepada ibu marjati. Alhamdulillah beliau mewakili perempuan Kabupaten Blora, yang menerima penghargaan tingkat nasional. Semoga menginspirasi kita perempuan di Kabupaten Blora," harapnya. 

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Sosial P3 A Kab Blora. Adapun piagam penghargaan yang diterima oleh Marjati tersebut nampak telah ditandatangani oleh Iriana Joko Widodo dan Wury Maruf Amin. (Her/red)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Terbaru

Atlet Angkat Besi Peraih Medali Sea Games Vietnam Asal Blora, Dapat Tali Asih Puluhan Juta Rupiah Dari Pemkab

JAKARTA, JATENGTIGA.COM - Raut muka bahagia tidak bisa disembunyikan dua atlet angkat besi asal Blora yang sukses menyumbang medali untuk I...

Total Pageviews

Categories

OLAH RAGA

SELANJUTNYA »